Headline

Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sebelum dan Setelah kemerdekaan

Written By Muh Rizal Firdaus on Thursday, November 24, 2016 | 6:59 AM


Nurhadi, dkk (73:2012) mengatakan secara rata-rata, perubahan kurikulum dan penyempurnaan kurikulum dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Perubahan kurikulum tersebut dilakukan agar kurikulum tidak ketinggalan dengan perkembangan masyarakat, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologinya. Kurikulum yang pernah diberlakukan secara Nasional di Indonesia dapat di jelaskan dalam table kronologis sebagai berikut :
Pengembangan kurikulum diperlukan karena melihat tantangan masa depan yang semakin kompleks dan perlu penyiapan diri dari pendidikan, seperti misalnya menghadapi globalisasi yang diwujudkan melalui WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA; masalah lingkungan hidup, percepatan  teknologi informasi; konvergensi ilmu dan teknologi; ekonomi berbasis pengetahuan; kebangkitan industri kreatif dan budaya; pergeseran kekuatan ekonomi dunia; pengaruh dan imbas teknosains mutu; investasi dan transformasi pada sektor pendidikan; dan  hasil TIMSS dan PISA yang menunjukkan posisi Indonesia selalu pada ranking bawah. 
Alasan lain adalah adanya tuntutan terhadap kompetensi masa depan yang lebih menekankan pada:  Kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat luas mengenai hidup, memiliki kesiapan untuk bekerja, serta memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya. Di sisi lain, masyarakat memiliki persepsi bahwa Kurikulum 2013 ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.
Berikut ini adalah perjalanan kurikulum yang terjadi di Indonesia dari masa-kemasa, yang terhitung dari sebelum kemerdekaan sampai sekarang ini. Sudah beberapa kali pergantian yang terjadi diantaranya:


A. Pendidikan Pada Zaman Kerajaan
B. Kurikulum Sebelum Kemerdekaan
C. Kurikulum Setelah Kemerdekaan



Untuk lebih lengkapnya silahkan bisa download materinya disini Perkembangan Kurikulum di Indonesia Setelah dan Sebelum Kemerdekaan 

untuk Power Point nya silahkan download Disini PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA .PPT




0 comments:

Post a Comment