Headline

Peranan Teknologi Informasi bagi Keberlangsungan Pembelajaran di SMK Fauzaniyyah

Written By Muh Rizal Firdaus on Monday, February 27, 2017 | 3:09 PM



Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut (Rosenberg, 2001).
Teknologi Informasi pada masa sekarang ini memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, baik yang dapat kita rasakan secara langsung ataupun yang tidak lansung. Salah satu peranan teknologi informasi yang sangat penting dalam pendidikan adalah terciptanya pembelajaran jarak jauh. Dengan teknologi informasi pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas melalui tatap muka atau face to face akan tetapi bisa dilakukan kapanpun, dimanapun kita berada. Hal ini sangat terasa sekali manfaatnya khususnya bagi saya ketika memasuki masa Prakerin kelas XI di SMK fauzaniyyah.
Sebagai guru mata pelajaran Kewirausahaan pada SMK Fauzaniyyah dituntut memiliki kreativitas dan solusi-solusi pembelajaran yang inovatif terutama bertepatan dengan waktu Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kelas XI tiba. Pada waktu tersebut kurang lebih selama 3 bulan guru sama sekali tidak melakukan proses pembelajaran sama sekali didalam kelas sehingga secara tidak langsung aktivitas-aktivitas peserta didik tidak dapat terkontrol dengan baik. Jadi dilema memang ketika seorang guru dituntut untuk menyampaikan materi secara tuntas akan tetapi dengan adanya PKL tersebut keterbatasan waktu, tempat dan kesempatan menyampaikan materi pembelajaran dan proses pembelajaran lainya seperti ulangan harian tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. Oleh karena itu untuk menangani masalah-masalah yang disebutkan diatas saya biasanya melakukan hal-hal seperti berikut:
-            Membuat modul pembelajarn mandiri yang telah di rancang sedemikian rupa agar materi tetap bisa sampai kepada peserta didik meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Yang didalamnya terdapat materi, latihan soal dan beberapa informasi pengumpulan tugas serta ulangan harian jarak jauh. Berikut ini saya lampirkan bebrapa contoh terobosan-terobosan pembelajaran yang dilakukan saat PKL berlangsung dengan memanfaatkan email dan blog sebagai alternatif berlangsungnya dan terkontrolnya pembelajaran.
# Untuk tugas 1 dan Evaluasi 1 jawaban dikirim melalui email mochrizal13@gmail.com maksimal minggu, 5 februari 2017 jam 21.00 WIB
# Untuk tugas 2 dan Evaluasi 2 jawaban dikirim melalui email mochrizal13@gmail.com maksimal minggu, 5 Maret 2017 jam 21.00 WIB
# Pada hari Minggu, 12 Maret akan dilakukan ulangan secara Online dan SOAL AKAN DI POSTING DI BLOG www.muhrizal13.blogspot.com , kemudian jawaban dikirim via email maksimal maksimal hari senin, 13 maret jam 21.00 WIB

Demikian ringkasan singkat tentang peranan teknologi informasi bagi keberlangsungan proses pembelajran yang sudah saya terapkan sekarang. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca semua. Akan tetapi jika ada tulisan yang dirasa keliru mohon koreksi dan masukanya untuk perubahan yang lebih baik
Semoga kita semua selalu menjadi guru yang selalu dikenang karena kebaikan-kebaikan bagi para peserta didik seperti dalam lagu “Hymne Guru”

aamiin

Daftrar Pustaka
Supriyanto, Aji. Pengantar Teknologi Informasi. 2005. Salemba Infotek. Jakarta.

5 comments:

Unknown said...

Postingan yang sangat bermanfaat & inspiratif sekali. Pak Ustadz Muh Rizal memang hebat. Terimakasih pak ustadz..., banyak manfaat yang bisa saya ambil dari tulisan pak ustadz.

Unknown said...

Terimakasih Pak Rizal... Tulisannya sangar bermanfaat, terutama untuk saya. Sukses selalu untuk Pak Rizal!

Unknown said...

Terimakasih bu lilis dan pa gani yg selalu memberikan bimbingan nyaa

Unknown said...

Tulisan cukup menarik...daftar pustakanya mana?

Unknown said...

Oh iya lupa, nanti d revisi pa

Post a Comment