Headline

Resume Konsep Dasar Evaluasi

Written By Muh Rizal Firdaus on Tuesday, February 28, 2017 | 8:45 PM

RESUME KONSEP DASAR EVALUASI


1.        Pengertian
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kwalitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan (Dr. Zainal Arifin. M.Pd, 2009:5)
2.        Kedudukan Evaluasi dalam Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, guru akan mengatur seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran mulai dari membuat desain pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran termasuk proses dan hasil belajar yang berupa “dampak pengajaran. Selain itu, melihat betapa pentingnya memahami prestasi belajar peserta didik, sebagaimana yang diuangkapkan oleh Cronbach (1970) bahwa kegunaan prestasi belajar banyak ragamnya, antara lain sebagai umpan balik bagi guru dalam mengajar, untuk keperluan diagnostic, untuk keperluan bimbingan dan penyuluhan, untuk keperluan seleksi, , untuk keperluan penempatan, untuk menentukan isi kurikulum dan untuk menentukan kebijakan sekolah.
Sebagaimana telah dikemukakan diatas, bahwa pembelajaran sebagai suatu system memiliki berbagai komponen yang saling berinteraksi, berinterelasi dan berinterdependensi. Salah satu komponen pembelajaran adalah evaluasi. Begitu juga dalam prosedur pembelajaran, salah satu langkah yang harus ditempuh guru adalah evaluasi. Dengan demikian, dilihat dari berbagai konteks pembelajaran, evaluasi mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis karena evaluasi merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran itu sendiri.
3.        Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran
Menurut kellough dan keloough dalam swearingen (2006) tujuan evaluasi adalah untuk membantu peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai efektivitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektivitas program kurrikulum, menilai dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, menyediakan data yang membantu dalam membuat keputusan, komunikasi dan melibatkan orangtua peserta didik. Adapun fungsi dari evaluasi pembelajaran menurut Dr. Zainal Arifin, M.Pd (2009:19) adalah sebagai berikut:
a.       Untuk perbaikan dan pengembangan system pembelajaran
b.      Untuk akreditasi (UU No 20/2003 Bab 1 Ayat 22)

4.        Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran
Setidaknya ada 4 ruang lingkup evaluasi pembelajaran ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya adalah sebagai berikut:
-         Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif domain hasil belajar
-         Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif system pembelajaran
-         Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif penilaian proses dan hasil belajar
-         Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif penilaian berbasis kelas
Hal ini dimaksudkan agar guru betul-betul dapat membedakan  antara evaluasi pembelajaran dengan penilaian hasil belajar sehingga tidak terjadi kekeliruan atau tumpang tindih dalam penggunaanya.

5.        Prinsip-prinsip umum evaluasi
Setidaknya ada 5 prinsif umum evaluasi, yaitu: Kontimuitas, Komprehensif, Adil dan objektif, Kooperatif serta praktis
6.        Jenis Evaluasi Pembelajaran
Sebagai suatu program, evaluasi pembelajaran dibagi menjadi lima jenis, yaitu:
-         Evaluasi perencanaan dan pengembangan
-         Evaluasi monitoring
-         Evaluasi dampak
-         Evaluasi efisiensi-ekonomis

-         Evaluasi program komprehensif

0 comments:

Post a Comment