Headline

Urgensi atau Pentingnya Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran

Written By Muh Rizal Firdaus on Friday, February 17, 2017 | 5:44 PM

Urgensi Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran



Peranan evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting, bahkan dipandang sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan keseluruhan proses pendidikan dan pembelajaran. Penting karena dengan evaluasi akan diketahui apakah tujuan dari pendidikan dan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Selain itu dengan dilaksanakannya evaluasi akan diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadikan penyebab pendidikan dan pembelajaran tersebut berhasil atau tidak. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran tersebut dapat berupa:
1.      Evaluasi context/tujuan/kebijakan
2.      Evaluasi input, seperti evaluasi tehadap peserta didik, pendidik, prasarana dan sarana, kurikulum/program, serta input lingkungan
3.      Evaluasi proses, yaitu evaluasi yang dilakukan terhadap proses atau kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang sedang berlansung.
4.      Evaluasi hasil/produk
5.      Evaluasi “outcomes” ( dampak)
Lebih lengkapnya pada tulisan ini akan disinggung beberapa pentingnya peran evaluasi pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik, orang tua peserta didik, guru, satuan pendidikan, dan pemerintah.
1.        Pentingnya evaluasi bagi siswa
Bagi siswa, evaluasi digunakan untuk mengukur pencapaian keberhasilannya dalam mengikuti pelajaran yang telah diberikan oleh guru. Dalam hal ini ada dua kemungkinan:
§  Hasil bagi siswa yang memuaskan
§  Hasil bagi siswa yang tidak memuaskan
2.        Pentingnya evaluasi bagi orang tua
§  Mengetahui kemajuan belajar peserta didik.
§  Membimbing kegiatan belajar peserta didik di rumah.
§  Menentukan tindak lanjut pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anaknya.
§  Memperkirakan kemungkinan berhasil tidaknya anak tersebut dalam bidangpekerjaannya.
3.        Pentingnya evaluasi bagi guru
§  Dapat mengetahui siswa manakah yang menguasai pelajran dan siswa mana pula yang belum. Dalam hal ini hendaknya guru memberikan perhatian kepada siswa yang belum berhasil sehingga pada akhirnya siswa mencapai keberhasilan yang diharapkan.
§  Dapat mengetahui apakah tujuan dan materi pelajaran yang telah disampaikan itu dikuasai oleh siswa atau belum.
§  Dapat mengetahui ketepatan metode yang digunakan dalam menyajikan bahan pelajaran tersebut.
§  Bila dari hasil evaluasi itu tidak berhasil, maka dapat dijadikan bahan remidial. Jadi, evaluasi dapat dijadikan umpan balik pengajaran.
4.        Pentingnya evaluasi bagi satuan pendidikan
a.       Bagi administrator sekolah, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk:
§  Menentukan penempatan peserta didik
§  Menentukan kenaikan kelas.
§  Pengelompokan peserta didik di sekolah mengingat terbatasnya fasilitas pendidikan yang tersedia serta indikasi kemajuan peserta didik pada waktu mendatang.
b.      Bagi kepala sekolah, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan untuk:
§  Untuk menilai kinerja guru dan tingkat keberhasilan siswa.
§  Untuk memikirkan upaya-upaya pembinaan para guru dan siswa berdasarkan pendapat, gagasan, saran, aspirasi, dari berbagai pihak (guru, siswa, orang tua) yaitu melengkapi sarana belajar.
§  Meningkatksn profesionalitas tenaga guru, pelayan sekolah, perpustakaan sekolah, tata tertib sekolah, disiplin kerja, pengawasan dll.
§  Bagi penelitian pendidikan, hasil evaluasi dapat dimanfaatkan sebagai data yang sangat diperlukan oleh para peneliti pendidikan.
5.        Pentingnya evaluasi pembelajaran bagi pemerintah
§  Memberikan informasi yang valid tentang kinerja kebijakan, program & kegiatan yaitu seberapa jauh kebutuhan, nilai & kesempatan telah dapat dicapai
§  Memberikan sumbangan pada klarifikasi & kritik terhadap nilai-nilai yg mendasari pemilihan tujuan & target
§  Melihat peluang adanya alternatif kebijakan, program, kegiatan yang lebih tepat, layak, efektif, efisien
§  Memberikan umpan balik terhadap kebijakan, program dan proyek
§  Menjadikan kebijakan, program dan proyek mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana public
§  Mambantu pemangku kepentingan belajar lebih banyak mengenai kebijakan, program dan proyek

§  Dilaksanakan berdasarkan kebutuhan pengguna utama yang dituju oleh evaluasi


0 comments:

Post a Comment