Headline

IMPLEMENTASI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA

Written By Muh Rizal Firdaus on Friday, January 20, 2017 | 7:24 PM

Salah satu hal yang menentukan maju dan mundurnya sebuah bangsa adalah melalui Pendidikan. Maka untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik sebagai subjek dalam pembangunan diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Kurikulum, guru dan pengajaran atau proses belajar dan mengajar adalah tiga variabel utama yang saling berkaitan dalam strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah. Begitu pentingnya sebuah pendidikan maka dicantumkan dalam Bab I pasal 1 ayat 1 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
 Komponen yang selama ini di anggap sangat mempengaruhi proses pembelajaran adalah komponen guru. Karena guru merupakan ujung tombak yang berhubungan dengan peserta didik sebagai subjek dan objek belajar. Bagaimanapun bagus dan idealnya kurikulum pendidikan, bagaimanapun lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan, tanpa diimbangi dengan kemampuan guru dalam mengimplementasikannya maka semuanya akan kurang bermakna. Apalagi dalam era informasi sekarang ini guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber belajar (learning resource), akan tetapi lebih berperan sebagai pengelola pembelajaran (learning manajer).
Ketrampilan transfer of learning sangat dibutuhkan peserta didik setelah proses pembelajaran, apalagi dalam pembelajaran IPA. pembelajaran IPA bertujuan untuk penguasaan konsep, oleh karena itu pembelajaran IPA di sekolah tidak cukup hanya mengedepankan fakta-fakta atau konsep saja akan tetapi dibutuhkan pengalaman-pengalaman dalam memahami fakta atau konsep tersebut. Ditinjau dari aspek psikologi, anak lebih memahami materi konkrit dari pada abstrak dan maknawi. Oleh karena itu pembelajaran dimulai dari yang konkret ke yang abstrak, yang material menuju immaterial, dengan begitu peserta didik mudah memahami konsep yang rumit jika disertai dengan contoh-contoh yang konkret sesuai dengan kehidupan sehari-hari, mempraktekkan sendiri upaya penemuan konsep melalui penanganan dan perlakuan terhadap materi yang benar-benar nyata.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas maka penulis mencoba menyusun makalah yang berjudul “IMPLEMENTASI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA”.


DAFTAR ISI

      Halaman :
KATA PENGANTAR............................................................................................. i
DAFTAR ISI........................................................................................................... ii

BAB I             PENDAHULUAN.......................................................................... 1
               1.1     Latar Belakang Masalah................................................................... 1
               1.2     Rumusan Masalah............................................................................ 2
1.3     Tujuan Penulisan.............................................................................. 2

BAB II           PEMBAHASAN...........................................................................   4
               2.1     Pengertian Model Pembelajaran Experience Learning..................   4
               2.2     Konsep Model Experiential Learning............................................   4
               2.3     Prinsip Dasar Experiental Learning ..............................................  7
               2.4     Langkah-langkah Model Experience Learning.............................. 8
              2.5     Karakteristik Experiential Laerning............................................... 8
               2.6     Kelemahan dan Kelebihan Model Experiential Learning.............. 9
               2.7     Manfaat Model Experiential Learning.......................................... 9
               2.8     Implementasi Model Experiential learning dalam Pembelajaran IPA Materi Pokok Energi dan Perubahannya................................................................................ 10

BAB III          PENUTUP..................................................................................... 15
               3.1     Kesimpulan..................................................................................... 15
               3.2     Saran............................................................................................... 16

DAFTAR PUSTAKA


Untuk makalaj  lengkapnya silahkan hubungi admin

0 comments:

Post a Comment