Headline

Mengenal VGA sebagai penerjemah Inputan dan Joomla! sebagai Aplikasi Pembuat website

Written By Muh Rizal Firdaus on Monday, March 13, 2017 | 1:38 AM

Mengenal VGA Sebagai Penerjemah Inputan dan Joomla! sebagai Aplikasi Pembuat Website
Untuk mengoperasikan sebuah komputer, setidaknya terdapat 3 komponen utama yang harus terpenuhi.Karena ketiganya  ini memilki peran yang penting.Jika kurang satu saja dari 3 komponen ini,maka bisa di pastikan komputer tidak akan pernah bisa di operasikan .Dengan kata lain, ketiga komponen ini tidak bisa  dipisahkaan  dan memiliki peran yang mengikat. Ketiga komponen yang dimaksut adalah perangkat keras(hardware),perangkat lunak(Software) dan juga manusia/pengguna (Brainware). Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara singkat tentang hardwere dan softwere beserta conthnya masing-masing.
Hardware itu sendiri merupakan  komponen dalam sistek komputer yang secara fisik dapat di lihat dan di raba  keberadaannya. Salah satu contoh dari hard were adalah VGA (Video Graphic  Accelerator).
VGA (Video Graphic  Accelerator) itu sendiri adalah suatu standar yang ada pada tampilan komputer analog sebagai penerjemah keluaran komputer ke dalam suatu monitor. VGA Card memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan  membutuhkan memory. VGA berfungsi  untuk menerjemahkan inputan dari user dan menampilkan inputan yang sudah diterjemahkan oleh VGA kepada output yang kemudian akan dibaca lagi oleh user atau secara lain fungsi dari VGA Onboard dan VGA Card yaitu Untuk menampilkan hasil proses dari inputan yang berupa grafis dan dikeluarkan dalam bentuk output yang kemudian ditampilkan ke monitor. VGA ini dibagi kedalam 2 jenis, yaitu VGA Card dan VGA Onboard
1.      VGA Card adalah vga dalam bentuk bentuk terpisah dari motherboard, VGA Card dipasang pada slot ekspansi yang ada pada motherboard. VGA Card bisa menjadikan resolusi yang maksimal. Contoh sebuah komputer untuk bermain game memiliki kualitas VGA yang lebih besar dibandingkan untuk komputer yang hanya untuk mengetik atau mengerjakan pekerjaan kantor.
Gambar 1 VGA Card

2.      VGA Onboard adalah VGA yang sudah terintegrasi (terpasang) dengan motherboard, VGA Onboard fungsinya sudah disesuaikan dengan kinerja dari motherboardnya atau dengan ukuran standard.


Gambar 2 VGA Onboard

Pada VGA Card memiliki memori yang terpisah dari RAM dan memiliki memori tersendiri sehingga kemampuan grafisnya lebih baik dari pada VGA Onboard yang menggunakan memori dari RAM sehingga kemungkinan besar akan menghasilkan grafis yang kurang bagus jika RAM yang dimiliki memiliki kapasitas kecil. Kemampuan tampilan VGA Card lebih bagus daripada VGA Onboard dikarenakan VGA Card memiliki memori sendiri dan sudah dirancang dengan kemampuan yang handal daripada VGA Onboard yang memiliki kemampuan standart sesuai kemampuan dari motherboard. Semntara dari segi biaya VGA Onboard lebih terjangkau dikarenakan sudah terintegrasi dengan motherboard dibandingan dengan VGA Card yang harus dibeli tersendiri dengan biaya yang mahal sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dari VGA Card tersendiri.
Selain hardwere beserta contohnya diatas, komponen selanjutnya yang tidak kalah penting dari komputer adalah softwere. Software atau perangkat lunak merupakan suatu progaram yang digunakan  dalam komputer berupa intruksi-intruksi(perintah) yang dapat di mengerti oleh komputer. Software ini yang mengoperasikan  perangkat keras yang ada pada komputer.tampa adanya software,perangkat keras komputer tidak akan bisa di operasikan.   Bayangkan saja jika tidak ada software, bagaimana perangkat keras yang ada akan dioperasikan.Dengan adanya software ini,kita tidak meminta kmputer untuk melakukan berbagai macam  pekerjaan, seperti mengetik, mendegar musik, menonton video, ataupun membuat website. Salah satu softwere aplikasi pembuat website tersebut adalah joomla!. Joomla! sendiri adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili jumla yang mengandung arti "kebersamaan".

Gambar 3 Joomla!

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.
Pada tanggal 17 September 2005, diluncurkan Joomla versi awal yaitu 1.0.0 yang merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh "Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005" yang hengkang dari Mambo. Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan "MasterChief" menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya. Perkembangan Joomla berawal dari Joomla 1.0.0 sampai dengan tahap yang luar biasa yaitu Joomla 1.0.15. Namun seiring dengan perkembangan versi Joomla 1.0.x ini, sekitar tahun 2007 telah dimulai pengembangan Joomla 1.5.x yang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan. Saat ini Joomla 1.5.x telah mencapai pada tahap Joomla 1.5.20.Untuk versi Joomla 1.6 sudah pada tahap versi beta dan dapat diunduh di www.joomla.org. Semakin baru versi Joomla memiliki penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya. Masing-masing punya daya tarik tersendiri, Joomla 1.5.9 menawarkan nuansa baru dan lebih modern termasuk dalam systemya. Sedangkan Joomla 1.0.15 lebih stabil dan terdukung oleh banyak aplikasi dan developer. Dari waktu kewaktu aplikasi joomla! Terus mengalami perkembangan hingga Versi terakhir Joomla! adalah 3.6.5 termasuk fitur-fitur hebat dan terbaru lainnya dari para pengembang yang mendukung Joomla.
Satu hal yang harus jadi catatan penting bersama adalah seberapa bagus spesifikasi hardwere yang kita miliki yang didukung dengan berbagai aplikasi-aplikasi softwere hebat didalamnya akan tidak berarti apa-apa apabila komponen penting lainya yaitu brainwere selaku user atau pemakai tidak kompeten dalam mengoperasikan komputer atau sering kita sebut istilah “GAPTEK”

Referensi :
Wikipedia.org


2 comments:

Unknown said...

Tulisan yang nenarik...lanjut oommm

Muh Rizal Firdaus said...

hatur nuhun bapa

Post a Comment