Headline

PRINSIP DAN LANGKAH-LANGKAH EVALUASI

Written By Muh Rizal Firdaus on Thursday, March 9, 2017 | 8:25 AM

Prinsip dan Langkah Evaluasi

Berbicara masalah evaluasi tidak pernah terlepas dari yang namanya prinsip dan langkah-langkah evaluasi. Setidaknya ada 5 prinsif umum evaluasi secara umum yaitu: Kontimuitas, Komprehensif, Adil dan objektif, Kooperatif serta praktis.

Kontinuitas disini artinya evaluasi tidak boleh dilakukan secara incidental karena pembelajaran itu sendiri adalah suatu proses yang kontinu atau berkelanjutan. Prinsip selanjutnya yaitu komprehensif maksudnya dalam melakukan evaluasi terhadap suatu objek, guru harus mengambil seluruh objek itu sebagai bahan evaluasi.  Misalnya jika objek evaluasi tersebut adalah peserta didik, maka seluruh aspek kepribadian peserta didik itu harus dievaluasi, baik yang menyangkut kognitif, afektif, maupun psikomotor. Prinsip yang ketiga adalah adil dan objektif artinya dalam menjalankan evaluasi, guru harus berlaku secara adil tanpa pilih kasih dan membedakan anatara peserta didik yang satu dengan yang lainya. Prinsip yang keempat adalah kooperatid yang berarti dalam kegiatan evaluasi guru hendaknya guru bekerjasama dengan semua pihak, seperti orang tua peserta didik, sesama guru, kepala sekolah termasuk dengan peserta didik itu sendiri. Prinsif umum yang terakhir tentang evaluasi adalah praktis, yang berarti mudah digunakan baik oleh guru itu sendiri yang menyusun alat evaluasi maupun orang lain yang akan menggunakan alat tersebut.
Dari kelima prinsip umum evaluasi yang tercantum dalam bukunya Dr Zainal Arifin yang berjudul “Evaluasi Pembelajaran” tersebut saya rasa ada hal yang tidak kalah penting dari evaluasi, yaitu adanya perbaikan atau remedial setiap evaluasi selesai dilaksanakan guna adanya perbaikan yang lebih baik dari apa yang telah dilakukan.
Selain prinsip-prinsip tersebut diatas hal yang tidak kalah penting dalam evaluasi adalah langkah-langkah dalam evaluasi. Secara umum langkah-langkah pokok evaluasi pendidikan meliputi tiga kegiatan utama yaitu: Persiapan, Pelaksanaan, Pengolahan hasil. Ketiga langkah tersebut dapat dijabarkan dalam langkah-langkah yang lebih operasional meliputi:

1.        Perencanaan dan perumusan kriterium, Dalam langkah perencanaan dan perumusan kriterium hal-hal yang dilakukan mencakup: (1) perumusan tujuan evaluasi, (2) penetapan aspek-aspek yang akan diukur (3) menetapkan metode dan bentuk tes (4) merencanakan waktu evaluasi dan (5) melakukan uji coba tes untuk mengukur validitas dan reabilitasnya sebelum digunakan.
2.        Pengumpulan data, Pengumpulan data dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang keadaan obyek dengan menggunakan alat yang telah diuji cobakan. Untuk mengumpulkan data dapat menggunakan metode tes tulis, tes lisan, dan tes tindakan yang akan dibicarakan tersendiri.
3.        Persifikasi data, Penelitian data atau verifikasi data maksudnya ialah untuk memisahkan data yang “baik” yang akan dapat memperjelas gambaran yang akan kita peroleh mengenai individu atau sekelompok individu yang sedang kita evaluasi, dari data yang kurang baik yang hanya akan merusak atau mengaburkan gambaran yang akan kita peroleh apabila turut kita olah juga
4.        Pengolahan data, Pengolahan data dilakukan untuk menjadikan data lebih bermakna, sehingga dengan data itu orang dapat memperoleh beberapa gambaran yang lebih lengkap tentang keadaan peserta didik
5.        Penafsiran data, Langkaah ini merupakan verbalisasi atau pemberian makna dari data yang telah diolah, sehingga tidak akan terjadi penafsiran yang overstatement maupun penafsiran understatement.

Dengan adanya langkah-langkah evaluasi yang dipaparkan diatas, penulis mengingatkan agar dalam pelaksanaanya proses tersebut bisa dilakukan secara sistematis atau berurutan. Jadi ketika langkah pertama belum selesai jangan dulu melangkah ke urutan selanjutnya begitupun seterusnya. Dengan demikian proses evaluasi akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yaitu menjadikan serangkaian proses atau langkah-langkah evaluasi untuk perbaikan pendidikan dan pembelajaran yang lebih baik lagi dari sebelumnya. 

0 comments:

Post a Comment