Headline

Cara dan Langkah-Langkah Memasukan Gambar, Audio dan Video Pada Microsoft Powerpoint

Written By Muh Rizal Firdaus on Saturday, April 29, 2017 | 4:40 PM

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Microsoft powerpoint

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dari masa kemasa menuntut kita untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut. Tidak terkecuali bagi seorang pendidik. Para pendidik dituntut untuk bisa memanfaatkan berbagai fasilitas teknologi yang dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif dan menyenanangkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Microsoft Powerpoint sebagai salah satu media pembelajaran didalam kelas.

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
Dengan adanya berbagai Fasiltas yang disuguhkan oleh Microsoft powerpoint seperti menyisipkan/menginsert gambar, audio bahkan video akan menimbulkan suatu media pembelajaran yang lebih inovatif dan variatif sehingga para peserta didik tidak akan mengalami kejenuhan saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun langkah langkah dalam memasukan audio, video dan gambar pada Microsoft powerpoint adalah sebagai berikut.
1.             Cara Memasukkan Audio
a.      Buka file presentasi anda kemudian pilih slide yang akan diberi tambahan audio atau musik.
b.      Buka tab Insert kemudian pada group menu Media klik Audio lalu pilih pilihan audio from file.

c.       Browse file audio anda yang ada di komputer maupun laptop, jika sudah klik Insert.

d.      Maka pada slide akan muncul gambar sound dan tanda untuk memainkan musik. Jika anda klik play maka musik akan dimainkan.

e.      Agar pada saat membuka slide musik langsung dimainkan maka klik tanda pada gambar audio kemudian klik tab playback dan pada pilihan start pilih automatically.

2.             Cara  Memasukan Gambar
Tidak jauh berbeda dengan memasukan audio, untuk memasukan gambar langkah-langkahnya hampir sama, adapaun lebih jelasnya perhatikan pemaparan berikut
a.  Pilih slide yang akan disisipi objek
b.  Klik menu Insert
c. Klik Object, selanjutnya akan ditampilkan dialog insert object
d. Create from file: untuk menyisipkan objek file yang tersimpan dalam hardisk atau media simpan lainnya.
e. Klik Browser untuk mencari lokasi penyimpanan file, selanjutnya akan ditampilkan dialog Look in
f. Carilah objek yang akan disisipkan pada Look in, misal: rizal.jpg
g. Klik OK
h. Klik OK pada Create from file untuk menyisipkan objek tersebut

3.             Cara memasukan video
Pada sebuah slide, klik Insert > Video > Video from file 

Pilih videonya kemudian klik Insert 

Video sudah dimasukan ke dalam slide presentasi. Sejauh video sudah dapat ditayangkan dalam Power Point . Sebagai rekomendasi, gunakan latar berwarna hitam dan full slide agar video terlihat fokus. Jika video berukuran kecil, jangan dipaksa untuk diperlebar karena nanti hasilnya akan pecah dan tidak enak dilihat


Demikian pemaparan singkat tentang bagaimana memasukan,menyisipkan atau menginsert gambar, audio dan video pada Microsoft powerpoint. Mudah-mudahan ada manfa’atnya dan kita semua bisa menjadi guru yang kreatif, inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan

Garut, 30 April 2017
Muhammad Rizal Firdaus, S.T

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoint
http://rosarahmatika.blogspot.co.id/2016/02/memasukkan-audio-video-dan-gambar-ke.html
http://resturahayuaffandy.blogspot.co.id/p/menyisipkan-objek-audio-dan-video-ke.html



0 comments:

Post a Comment