Headline

Saatnya memanjakan komputer dengan C-Cleaner

Written By Muh Rizal Firdaus on Wednesday, April 12, 2017 | 6:03 AM

Saatnya memanjakan komputer dengan C-Cleaner
Menjadi seorang pendidik yang dituntut untuk melek teknologi menjadikan aktivitas dan kegiatan sebelum pembelajaraan, saat pembelajaran ataupu  setelah pembelajaran didalam kelas, menuntut saya untuk selalu berhubungan secara intim dengan notebook kesayangan yang usianya sudah terasa hampir 5 tahun bersama. Dari mulai membuat tugas,menyusun Tugas Akhir saat kuliah, membuat media pembelajaran ataupun sekedar merekap data nilai siswa semua dilakukan dalam satu notebook yang sama. Termasuk untuk hal bisnis online pun “SI KUKUT” selalu berkontribusi dalam proses pemasaran baik itu mengelola website ataupun media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk. Dengan begitu banyaknya pekerjaan dan aktivitas yang menggunakan notebook kesayangan ini membuat notebook ini perlu sebuah aplikasi yang bisa membuat dia kembali segar bugar layaknya seseorang yang sudah berkaktivitas begitu lelahnya saat pulang kerumah sang istri memijat tubuk kita dan memberikan rebusan air jahe yang dicampur dengan gula aren sehingga saat bangun nanti tubuh kita terasa segar kembali seperti sedia kala. Salah satu aplikasi yang paling banyak orang gunakan untuk mengatasi hal-hal tersebut diatas adalah menggunakan "CCLEANER".

CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.
Perkakas pelengkap (utility tools) pendamping sistem operasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak membebani resource komputer saat beroperasi, namun hal ini dikompensasi dengan minimnya fitur yang tersedia jika dibandingkan dengan produk sejenis dengan lisensi berbayar.
Perangkat ini dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd. dan didesain untuk beroperasi pada sistem Microsoft Windows dan Mac OS X 10.5. CCleaner disediakan gratis untuk para pengguna komputer, sehingga Piriform memerlukan donasi untuk mengembangkan program ini. CCleaner tersedia dalam 47 bahasa nasional berbagai negara di dunia dan rencananya untuk versi-versi yang akan datang akan ditambah lagi. Perangkat lunak ini memiliki 4 menu utama, yaitu: Cleaner, Registry, Tools dan Options.
Berikut ini akan dipaparkan cara penggunaan aplikasi CCleaner untuk perawatan
STEP 1 - Buka dulu software Ccleanernya yang ada  di komputer anda, contohnya saya memakai Ccleaner versi 3.11.1550, jika anda memakai versi yang lainnya mungkin sama saja cara penggunaannya. Kemudian klik Ccleaner yang ada di sudut kiri di bawah logo Ccleanernya.

 STEP 2 - Selanjutnya klik butang yang ada tulisan Analyze butang yang ada dibawah, dan biarkan proses berjalan sampai 100%.

 STEP 3 - Kemudian klik Run Cleaner yang ada di sudut kanan bawah untuk membersihkannya, lakukan juga hal sama untuk membersihkan Applications yang ada di samping Windows.
 
 STEP 4 - Untuk membersihkan registry klik butang Registry yang ada di bawah cleaner selanjutnya klik butang Scan For Issues yang ada di bawah biarkan proses berjalan sampai 100%.
 
 STEP 5 - Kemudian klik butang Fix Selected Issues yang berada di sudut bawah kanan. 

STEP 6 - Selanjutnya akan ada pilihan untuk menyimpan Back up registry klik yes untuk menyimpannya.
  STEP 7 - Kemudian ganti nama file untuk menyimpan back up nya untuk memudahkan anda mengeceknya, selanjutnya klik save untuk menyimpan.
 
 STEP 8 - Selanjutnya klik butang Fix All Selected Issues untuk memulai proses pembersihan registrynya.
 
 FINAL STEP - Proses pembersihan sudah selesai terakhir klik close untuk mengakhirinya.
 
Selamat registry komputer anda sudah bersih dan memungkinkan kerja komputer akan lebih cepat dan ringan. Apabila Anda memiliki CCLEANER dengan versi berbeda, Anda juga tetap bisa menggunakan langkah" diatas, karena perbedaan antar versi hanya terletak pada kemampuannya.
Demikian pemaparan singkat yang dapat saya tulis dalam kesempatan kali ini. Semoga banyak teman-teman yang terbantu dengan artikel singkat yang saya paparkan
Garut, 12 April 2017
Muh Rizal Firdaus

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/CCleaner
http://pangeranarti.blogspot.co.id/2015/01/cara-menggunakan-ccleaner-yang-benar.html


0 comments:

Post a Comment