Headline

Membuat Digital Book Dengan 3D Page Flip

Written By Muh Rizal Firdaus on Sunday, May 28, 2017 | 12:59 AM

Membuat Digital Book Dengan 3D Page Flip

Jaman sekarang ini memang serba digital, praktis dan mudah. Kepraktisan dan kemudahan menjadi pertimbangan utama dalam memilih sesuatu. Dengan semakin berkembangnya perangkat mobile yang memungkinkan setiap orang untuk melakukan pekerjaan, hiburan, dan komunikasi dengan menggunakan satu perangkat saja.
Salahsatu hal yang menjadi sorotan penulis ialah kemunculan ebook atau digital book. Kehadiran Ipad membantu mempopulerkan ebook atau digital book. Ipad memang dapat digunakan sebagai ebook atau digital book yang mudah dibawa kemanapun, kapanpun, berapapun jumlahnya. Berikut kajian pustaka penulis tentang ebook atau digital book, yang diringkas dari berbagai sumber.
3D PageFlip merupakan software pembuat E-Book atau digital book, E-Katalog, E-Brosur dengan halaman balik efek 3D dan berputar efek dalam beberapa menit. 3D PageFlip adalah software flash Flipbook sempurna untuk mengubah file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel ke bentuk flipbooks menjadi majalah digital 3D yang realistis. Dengan 3D PageFli, Anda dapat membuat realistis majalah 3D yang bagus dan interaktif, E-katalog, e – brosur , e-Book dengan membalik-balik halaman surat kabar atau apa saja dimanapun tanpa keterampilan pengetahuan atau pemrograman Flash / HTML dalam waktu singkat. Dan Anda dapat output 3D Digital Brosur online, offline ( pada PC Anda , iPad dll ) , bahkan membakarnya ke CD / DVD atau menggunakannya dengan perangkat penyimpanan USB
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.
Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.
Amazon Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin populer karena dapat dibaca kapan saja di mana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka. Buku elektronik dapat dibuka dengan berbagai macam software diantaranya Adobe Acrobat, Microsoft Word dan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki.

adapaun cara pembuatan digital book dengan aplikasi 3D Page Flip adalah sebagai berikut

 1.      Install software 3D PageFlip Pro dan masukkan serial key agar menjadi Full Version.
2.      Jalankan aplikasi 3D PageFlip Pro tersebut dengan mengklik Icon 3D PageFlip di deskop komputer.

3.      Maka akan muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut ini :

4.      Klik “Create New” (gbr) dan pilih project tipe “Magazine” sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

5.      Klik “Select Template” jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat. Sehingga muncul beberapa item pilihan template sebagai berikut :

6.      Setelah klik “OK” maka muncul tampilan sebagai berikut :

7.      Klik “Browser” untuk mencari dan memilih file bahan ajar yang ada di komputer kita untuk diubah menjadi bahan ajar berbentuk 3D PageFlip (dokumen yang di import harus dalam format PDF).. Lalu klik Open

8.      Pilih “All Pages” dan Klik “Import Now” maka aplikasi akan memproses import bahan ajar tersebut masuk ke dalam aplikasi 3D PageFlip.

9.      Setelah mengklik “Import Now” maka muncul tampilan sebagai berikut :


 10.  Klik “Edit Pages” 
untuk mengedit/mengubah tampilan. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut : 


11.  Untuk menambah Sound, klik “Add Sound(s)”

12.  Untuk menambah video, klik “Add Movie(M)”


13.  Untuk menambah gambar, klik “Add Image(I)”




14.  Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah klik “Apply Change”

15.  Mempublish bahan ajar 3D PageFlip

Untuk mempublish bahan ajar 3D PageFlip dapat dilakukan dengan cara mengklik menu “Publish”. 

Setelah mengklik menu “Publish” maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Terdapat beberapa pilihan publish :
·         Flash/HTML5 : jika menghendaki output publish berbentuk HTML5 dimana untuk membukanya menggunakan via browser misalnya mozilla.
·         ZIP : jika menghendaki output publish berbentuk ZIP secara lengkap
·         EXE : jika menghendaki output publish berbentuk EXE (Flash) dimana dapat dibuka secara langsung tanpa melalui software.
·         3DP : jika menghendaki output publish berbentuk 3DP dimana dapat dibuka di Android maupun window dengan menggunakan aplikasi “3D PageFlip Reader”.
·         To FTP Server : jika menghendaki output publish dimasukkan ke dalam website dengan FTP terintegrasi (memiliki domain)
·         Screen Saver : jika menghendaki otput publish berbentuk Screen Saver
·         Email To : jika menghendaki output publish ZIP dikirimkan via email ke orang lain.

Jika kita pilih publish “3DP” maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Atur dimana output bahan ajar 3D itu akan disimpan dengan cara mengklik “Browse” dan berikan nama file, misalnya Fisiologi Ekresi. Klik “Convert” jika pengaturan publish telah selesai.




Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :

Klik “Open the Folder”
Selesai
demikian langkah-langkah dalam pembuatan digital book menggunakan aplikasi 3D pageFlip. semoga bisa membantu para pendidik dalam pembelajaran.

Garut, 28 mei 2017
Muhammad Rizal Firdaus

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik
https://coretanedenkusnendi.wordpress.com/2015/10/17/kajian-pustaka-3d-pageflip-pembuat-digital-book/

0 comments:

Post a Comment