Melihat
perkembangan siswa dan mutu pendidikan tentu penting arti pembelajaran dalam Pendidikan bertugas untuk menyiapkan
peserta didik agar dapat mencapai peradaban yang maju melalui perwujudan
suasana yang kondusif, aktivitas pembelajaran yang menarik dan mencerahkan,
serta proses pendidikan yang kreatif. Pendidikan juga menciptakan kemandirian
baik pada individu maupun bangsa. Pendidikan yang menumbuhkan jiwa kemandirian
sangat penting untuk dapat bertahan dalam menghadap irealitas. Oleh karena itu
pendidikan harus menjadi bagian dari proses perubahan bangsa menuju masyarakat
madani, yakni masyarakat demokratis, taat, hormat, dan tunduk pada hukum dan
perundang-undangan, melestarikan keseimbangan lingkungan, dan menjunjung tinggi
hak asasi manusia. Sasaran umum pendidikan yaitu pengembangan potensi peserta
didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Sebagai
contoh Implikasi strategi pembelajaran pada peningkatan efektifitas
pembelajaran dapat dilihat pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013 yaitu
pendekatan
ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antar matapelajaran), dan tematik
(dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis
penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan
peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun
kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang
menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
(Lampiran Permendikbud No 22 Tahun 2016). Discovery
Learning merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental
intelektual para anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi,
sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan di
lapangan (Illahi: 2012: 29).
MATERI LENGKAPNYA CEK
0 comments:
Post a Comment