RESUME KONSEP DASAR EVALUASI
1.
Pengertian
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk
menentukan kwalitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan
kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan (Dr. Zainal Arifin. M.Pd,
2009:5)
2.
Kedudukan Evaluasi dalam Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, guru
akan mengatur seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran mulai dari membuat desain
pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan evaluasi
pembelajaran termasuk proses dan hasil belajar yang berupa “dampak pengajaran.
Selain itu, melihat betapa pentingnya memahami prestasi belajar peserta didik,
sebagaimana yang diuangkapkan oleh Cronbach (1970) bahwa kegunaan prestasi
belajar banyak ragamnya, antara lain sebagai umpan balik bagi guru dalam
mengajar, untuk keperluan diagnostic, untuk keperluan bimbingan dan penyuluhan,
untuk keperluan seleksi, , untuk keperluan penempatan, untuk menentukan isi
kurikulum dan untuk menentukan kebijakan sekolah.
Sebagaimana telah dikemukakan diatas, bahwa pembelajaran sebagai suatu
system memiliki berbagai komponen yang saling berinteraksi, berinterelasi dan
berinterdependensi. Salah satu komponen pembelajaran adalah evaluasi. Begitu
juga dalam prosedur pembelajaran, salah satu langkah yang harus ditempuh guru
adalah evaluasi. Dengan demikian, dilihat dari berbagai konteks pembelajaran,
evaluasi mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis karena evaluasi
merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran itu sendiri.
3.
Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran
Menurut kellough dan keloough
dalam swearingen (2006) tujuan evaluasi adalah untuk membantu peserta didik,
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai efektivitas
strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektivitas program kurrikulum,
menilai dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, menyediakan data yang
membantu dalam membuat keputusan, komunikasi dan melibatkan orangtua peserta
didik. Adapun fungsi dari evaluasi pembelajaran menurut Dr. Zainal Arifin, M.Pd
(2009:19) adalah sebagai berikut:
a.
Untuk perbaikan dan pengembangan system
pembelajaran
b. Untuk
akreditasi (UU No 20/2003 Bab 1 Ayat 22)
4.
Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran
Setidaknya ada 4 ruang lingkup
evaluasi pembelajaran ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya adalah sebagai
berikut:
-
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam
perspektif domain hasil belajar
-
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam
perspektif system pembelajaran
-
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif
penilaian proses dan hasil belajar
-
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam
perspektif penilaian berbasis kelas
Hal ini dimaksudkan agar guru
betul-betul dapat membedakan antara
evaluasi pembelajaran dengan penilaian hasil belajar sehingga tidak terjadi
kekeliruan atau tumpang tindih dalam penggunaanya.
5.
Prinsip-prinsip umum evaluasi
Setidaknya ada
5 prinsif umum evaluasi, yaitu: Kontimuitas, Komprehensif, Adil dan objektif,
Kooperatif serta praktis
6.
Jenis Evaluasi Pembelajaran
Sebagai suatu program, evaluasi
pembelajaran dibagi menjadi lima jenis, yaitu:
-
Evaluasi perencanaan dan pengembangan
-
Evaluasi monitoring
-
Evaluasi dampak
-
Evaluasi efisiensi-ekonomis
-
Evaluasi program komprehensif
0 comments:
Post a Comment