Headline

KOMPUTER DAN PENDIDIK DI LINGKUNGAN SMK FAUZANIYYAH-SUKARESMI

Written By Muh Rizal Firdaus on Tuesday, March 7, 2017 | 3:24 PM

KOMPUTER DAN PENDIDIK DI LINGKUNGAN SMK FAUZANIYYAH-SUKARESMI

Berbicara masalah komputer dan pendidik di lingkungan SMK Fauzaniyyah tidak akan terlepas dari campur tangan antara user atau pengguna dengan komputer sebagai salah satu media terjadinya suatu pembelajaran berbasisi komputer. Sebelum lebih jauh membahas peranan komputer terutama di lingkungan SMK fauzaniyyah, alangkah arif dan bijaksananya apabila terlebih dahulu kita memahami konsep dasar tentang komputer yang akan dipaparkan secara singkat dan padat berikut ini.

komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Mengenal lebih jauh mengenai komputer beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya, ada kalanya untuk mempelajari terlebih dahulu dasar-dasarnya.
Secara umum komponen ada tiga komponen dasar yang sangat pentng dari komputer, Yakni Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak) dan Brainware (Pengguna atau user). Tanpa 3 komponen dasar namun penting di atas tersebut, komputer tidak bisa dijalankan dengan baik. Mengapa? Karena elemen penting ini yang menyebabkan komputer bisa digunakan dan berfungsi dengan baik oleh pengguna.  Ada hal penting yang penulis rasa perlu digaris bawahi dari ketiga komponen tersebut yaitu brainware atau sering kita kenal dengan istilah pengguna. Kenapa paling penting? Karena, sebagus apapun perangkat komputer yang kita miliki dengan spesifikasi hardware yang paling bagus sekalipun dan berbagai software yang terdapat didalamnya apabila tidak ditunjang dengan Sumber daya Manusia yang mana disini adalah sebagai brainware, maka komputer yang ada tidak bisa dimanfaatkan atau digunakan sebagai mana mestinya. Oleh karena itu sebagai pendidik di zaman yang serba canggih sekarang ini, memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer dalam pembelajaran menjadi hal yang wajib dimiliki.  
Di SMK Fauzaniyyah komputer menjadi hal wajib yang harus ada dalam proses pembelajaran, terutama bagi jurusan Multimedia yang hampir setiap hari para peserta didik berhubungan secara langsung dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran produktif. Meskipun demikian pemanfaatan komputer tidak sebatas dijurusan multimedia saja akan tetapi dijurusan lain seperti Tata Busana, ATPH dan TKR pun digunakan terutama ketika guru memberikan tugas seperti:
1.      Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang telah ditentukan sebelumnya dalam tugas makalah serta proses persentasi dengan pemaparan materi menggunakan powerpoint dengan bantuan proyektor
2.      Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner seperti pada pembelajaran kewirausahaan dalam materi Surat Izin Usaha.
3.      Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Dalam upaya pencarian sumber materi ataupun sebagai aplikasi pemnafaatan internet yang positif terhadap peserta didik.
Selain para peserta didik yang dituntut untuk menguasi komputer, para pendidik pun dituntut hal yang sama. Sebagai contohnya ketika proses pembelajaran berlangsung para peserta didik tidak selalu terfokus belajar pada white board, adakalanya disisipkan pemberian materi melalui powerpoint, flash ataupun pemutaran film pendek. Selain hal tersebut para peserta didik bisa memnafaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan blog sebagai salah satu sarana sumber informasi dan sumber pembelajaran untuk para peserta didik seperti yang telah saya lakukan dalam pelajaran kewirausahaan di kelas XI saat prakerin.
Demikian pemaparan singkat yang dapat saya sajikan, semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada siapapun yang membacanya

Fauzan, 8 Maret 2017
Muh Rizal Firdaus, ST

Daftar Pustaka
Nasution, 2005. Teknologi Pendidikan.  Jakarta. Gumi Aksara



3 comments:

Unknown said...

untuk tugas selanjutnya agar lebih ditingkatkan....

TUTORIAL MEDIA PEMBELAJARAN said...

Baik pa siap laksanakan

TUTORIAL MEDIA PEMBELAJARAN said...

Baik pa siap laksanakan

Post a Comment