Headline

Translate

ELEMEN GAMBAR DALAM MULTIMEDIA

Written By Muh Rizal Firdaus on Wednesday, November 16, 2022 | 7:04 PM

 

2.1       Elemen Gambar Dalam Multimedia

Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D maupun 3D.

Menurut wikipedia.org: “image/picture is an artifact that reproduces   the likeness of some subject—usually a physical object or a person.”

Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop.

Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).


 

 

Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel).

Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.

 

·      1 bit binary-valued image (0 - 1)

·      8 bits → gray level (0 - 255)

·      16 bits high color (216)

·      24 bits 224 true color

·      32 bits true color (232)

 


1 Bit (Monocrom)                                               8 Bit (Gray)


16 bits (Hicolor)                                          24 bits (Truecolor)

 

Parameter dan karakteristik Gambar

mewakili 0 .. 16.777.215 (mewakili 16 juta warna), dan ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000 bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits

Tabel resolusi display dan kebutuhan memory

 

Standard

Resolusi

Warna

Kebutuhan memory/frame

(bytes)

VGA

640 x 480

8 bit

307.2 KB

XGA

640 x 480

16 bit

614.4 KB

 

1024 x 768

8 bit

786.432 KB

SVGA

800 x 600

16 bit

960 KB

 

1024 x 768

8 bit

786.432 KB

 

1024 x 768

24 bit

2359.296 KB

 

            Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D dimana masing- masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel. Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut. Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.

 


 

Countinues tone                         64 intensity                                                   32 intensity

 

 

16 intensity                            8 intensity                             4 intensity

 

 

 

2 intensity                                              2 intensity (zoom)

 

 

Bitmap (BMP)

BMP adalah format gambar yang tidak dikompres sehingga informasi yang tersimpan didalamnya terdiri dari beberapa bagian dan mudah untuk diolah.

 

 

File Header

BITMAPFILEHEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

bfType

2

Contains the character “BM” that identify the file

type

 


 

bfSize

4

File size

bfReserved1

2

Unused

bfReserved2

2

Unused

bfOffBits

4

Offset to start pixel data

 

Image Header

BITMAP INFO HEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

biSize

4

Header size

biWidth

4

Image width

biHeight

4

Image height

biPlanes

2

Must be 1

biBitCount

2

Bits per pixels – 1,4,8,16,24 or 32

biCompression

4

Compression type BI_RGB=0, BI_RLE8=1,

BI_RLE4=2 or BI_BITFIELDS=3

biSizeImage

4

Image Size May be zero if not compressed

biXPelsPerMeter

4

Preferred resolution in pixels/meter

biYPelsPerMeter

4

Preferred resolution in pixels/meter

biClrUsed

4

Number of entries in the color map that are actually used

biClrImportant

4

Number of significant colors

 

BITMAP CORE HEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

bcSize

4

Header size

bcWidth

2

Image width

bcHeight

2

Image height

bcPlanes

2

Must be 1

bcBitCount

2

Bits per pixels – 1,4,8 or 24

 

Color Palette

RGBQUAD STRUCTURE

 

Field Name

Size

Description

rgbBlue

1

Blue color value

rgbGreen

1

Red color value

rgbRed

1

Green color value

rgbReserved

1

Must be zero

 

RGBTRIPLE STRUCTURE

 

Field Name

Size

Description

rgbtBlue

1

Blue color value

rgbtGreen

1

Red color value

          gbtRed

1

Green color value

 

2.2 Definisi dan Jenis Grafik

Wikipedia.org:

Graphics are visual presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.


 

 

 

Teknik pembentukan grafik terbagi menjadi 2 bagian :

1.      Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah. Grafik raster terbentuk dari kumpulan titik piksel pada sebuah bidang, yang dapat dilihat pada kertas, monitor atau media display lainnya. http://en.wikipedia.org/wiki/Raster_graphics

2.      Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus. http://en.wikipedia.org/wiki/Vector_graphics

 

 

Bitmap (Raster) Vs Vektor

 

 

Bitmap

Vektor

Display speed

X

 

Image Quality

Memory Usage

X

 

X

                        Ease of Editting                                   X

                        Display Independence                       X


 

 

Pemodelan grafikal dibagi menjadi :

1.        Bitmapped graphics

a)     Gambar dimodelkan dari suatu kumplan (array) nilai-nilai piksel.

b)    Diperlukan penekanan untuk menentukan nilai-nilai yang disimpan (piksel logis) dan titik-titik pada layar tampilan (piksel fisik).

c)     Kondisi:

§  Korespondensi satu ke satu (logik = fisik)

§  Scaling (logical < physical)

§  Clipping (logical > physical)

d)    Scaling dan clipping adalah perhitungan komputasi yang diperlukan untuk menampilkan suatu gambar bitmap .

e)     Kebutuhan :menyimpan record setiap nilai piksel

f)     Editor untuk gambar bitmap/raster adalah Painter, Photoshop, MS Paint, and GIMP

g)    Proses edit dilakukan dengan mengedit setiap pikselnya sehingga lebih sulit pada saat pemilihan dan pengeditan (masking).

h)    Mudah dalam pengaplikasian special efek seperti (distortion, blur,…)

i)     Image editor bekerja dengan cara memanipulasi setiap piksel, kebanyakan editor gambar berbasis model warna RGB tetapi juga memungkinkan penggunaan model lain seperti model warna CMYK


2.   Vector graphics

a)    Gambar disimpan sebagai suatu deskripsi matematika yang merupakan suatu kumpulan garis-garis individu, kurva-kurva dan bentuk-bentuk sederhana yang membetuk gambar tersebut.

b)    Untuk menampilkan suatu gambar vektor diperlukan sejumlah komputasi untuk menginterprestasikan model dan menghasilkan arry peksel yang akan ditampilkan.

c)     Kebutuhan : lebih kompak (data yang disimpan lebih sedikit)

d)    Editor    pengolah    gambar    vektor    Xfig, CorelDRAW, Adobe    Illustrator, or Inkscape mengolah gambar verdasar garis-garis dan bentk-bentuk sederhana.

e)     Mudah dalam penseleksian, pengeditan dan retouching .

f)     Konversi ke bitmap format, untuk dilakukan penambahan special efek.

g)   Penskalaan dan perubahan ukuran mudah dilakukan dengan menggunakan operasi matematika sebelum nilai-nilai piksel dihitung/dikalkulasikan.

 


 

 

 

Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis:


·      motion dynamics → objek/background bergerak

·      update dynamics → obyek berubah bentuk, warna, dll.


 


 

Untuk merepresentasikan/memodelkan grafik ke dalam komputer dibutuhkan suatu

ilmu mengenai grafika komputer / pengolahan citra.


2.3 Aplikasi Sintesa Gambar/Citra

Image Recognation

 

Pelabelan

Melabelkan Gambar

Penyesuaian

Menyesuaikan Gambar

Pengelompokan

Mengelompokan Gambar

1

            Adalah salah satu aplikasi yang diterapkan pada pengolahan suatu gambar/grafik. Gambar berikut memperlihatkan bentuk langkah langkah untuk mengubah informasi ionic menjadi informasi recognition.

Gambar asal

Mengobservasi Gambar

Formatting


 

 

 

2

Penyesuaian

Gambar

dihasilkan

Mengambil Intisari Gambar

Pengambilan Intisari


 

1 = struktur data gambar digital 2 = struktur data logis

            Image recognition umumnya dilakukan pada gambar digital dengan representasi pixel matrix. Hanya informasi yang pas untuk sistem image recognation dimana intensitas cahaya dari pixel dan lokasi pixel tersebut yang terpengaruh pixel yang lain. Untuk informasi, sistem image recognation haruslah melakukan pemulihan informasi objek dari yang dikenal dan sudah dilakukan recognasi dan untuk gambar yang stereokopis, ke dalam ruang objek. Bagian untuk membentuk image recognation adalah sebagai berikut :

a)      Memformat Gambar

Memformat             gambar   berarti    melakukan   pengambilan           gambar                  dengan membawa gambar tersebut ke dalam format digital.

b)      Penyesuaian

Di dalam image pada umumnya bentuknya tidak terlihat bagus karena

gambar yang ditampilkan mengalami digitalisasi yang terkena noise, sehingga untuk itu diperlukan adanya filter pada gambar sehingga gambar tersebut menjadi lebih normal dan lebih terlihat jelas.

c)     Pelabelan

Informasi pada gambar mempunyai pola yang terstruktur. Pola yang digunakan pada umumnya terdiri dari beberapa urutan pixel. Jika dari susunan pixel tersebut memiliki sudut, setelah sudut tersebut diberikan label.

d)    Pengelompokan

Proses pelabelan menemukan objek yang primitive, yang biasa disebut dengan sudut. Proses pengelompokan dapat melakukan pemutaran sudut- sudut yang memiliki label yang sama sehingga gambar dapat disusun kembali menjadi gambar yang mulai terlihat jelas.

e)    Pengambilan Intisari Gambar

Pengelompokkan hanya melakukan penyimpanan/pengarsipan dari pixel- pixel yang memiliki label yang sama. Sedangkan pengambilan intisari melakukan pengambilan beberapa pixel yang mewakili dari kelompok- kelompok yang ada. Pengambilan intisari menguraikan perbedaan antar kelompok pixel pada gambar sumber.

f)     Penyesuaian

Proses yang terakhir adalah melakukan penyesuaian dimana sebuah pixel dalam gambar telah dilakukan pengelompokan ke dalam objek dan hubungan diantara objek yang berbeda telah ditentukan, ini meruapakan langkah terakhir dalam system recognation objek suatu gambar. Penyesuaian melakukan perbandingan pada masing-masing objek gambar dengan sebuah model yang telah disimpan sehingga dicari persamaan keduanya yang paling tepat.

 

2.4 Transmisi Gambar/Citra

Gambar digital ditransmisikan kepada penerima melalui jaringan komputer. Persyaratan jaringan untuk transmisi gambar :

a)     Jaringan dapat mengakomodasi transportasi data dengan ukuran besar

b)    Transmisigambar memerlukan transportasi yang reliable

c)     Tidak bersifat time dependent (berbeda dengan transmisi audio/video)

 

Ukuran gambar bergantung pada format representasi gambar yang dipergunakan untuk transmisi.Transmisi berdasar format representasi gambar :

1.      Raw image data transmission

·      Gambar di-generate melalui video digitizer dan ditransmisikan dalam format digital dari video digitizer.

·      Kapasitas transmisi = spatial resolution * pixel quantization Contoh :

Gambar dengan resolusi 640 x 480 pixel dengan pixel quantization 8 bit per pixel. Maka untuk transmisi diperlukan 307200 bytes pada jaringan komputer.

2.      Compressed image data transmission

·      Gambar di-generate oleh video digitizer dan dikompres terlebih dahulu sebelum ditransmisikan.

·      Penurunan ukuran gambar tergantung pada metode kompresi dan compression rate yang dipergunakan.

·      Contoh : JPEG, MPEG

3.      Symbolic image data transmission

·      Gambar di presentasikan melalui symbolic data representation sebagai image primitive (bentuk dasar 2D atau 3D), atribut, dan informasi kontrol lain.

·      Metode ini dipergunakan dalam computer graphics

2.5 Format File Gambar

1. Bitmap (.BMP)

·      Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.

·      Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.

·      File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.

·      File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dan lain-lain.

·      File BMP tidak bisa (sangat jarang) digunakan di web (internet) karena ukurannya yang besar.

 

2. Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)

·      Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini

·      Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.

·      File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto.

·     
File ini bisa digunakan di web (internet).

 

Graphics Interchange Format (.GIF)

·      Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).

·      Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-

gambar di web.

 

 

3. Portable Network Graphics (.PNG)

·       Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).

2.1       Elemen Gambar Dalam Multimedia

Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D maupun 3D.

Menurut wikipedia.org: “image/picture is an artifact that reproduces   the likeness of some subject—usually a physical object or a person.”

Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop.

Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).


 

 

Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel).

Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.

 

·      1 bit binary-valued image (0 - 1)

·      8 bits → gray level (0 - 255)

·      16 bits high color (216)

·      24 bits 224 true color

·      32 bits true color (232)

 


1 Bit (Monocrom)                                               8 Bit (Gray)


16 bits (Hicolor)                                          24 bits (Truecolor)

 

Parameter dan karakteristik Gambar

mewakili 0 .. 16.777.215 (mewakili 16 juta warna), dan ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000 bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits

Tabel resolusi display dan kebutuhan memory

 

Standard

Resolusi

Warna

Kebutuhan memory/frame

(bytes)

VGA

640 x 480

8 bit

307.2 KB

XGA

640 x 480

16 bit

614.4 KB

 

1024 x 768

8 bit

786.432 KB

SVGA

800 x 600

16 bit

960 KB

 

1024 x 768

8 bit

786.432 KB

 

1024 x 768

24 bit

2359.296 KB

 

            Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D dimana masing- masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel. Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut. Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.

 


 

Countinues tone                         64 intensity                                                   32 intensity

 

 

16 intensity                            8 intensity                             4 intensity

 

 

 

2 intensity                                              2 intensity (zoom)

 

 

Bitmap (BMP)

BMP adalah format gambar yang tidak dikompres sehingga informasi yang tersimpan didalamnya terdiri dari beberapa bagian dan mudah untuk diolah.

 

 

File Header

BITMAPFILEHEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

bfType

2

Contains the character “BM” that identify the file

type

 


 

bfSize

4

File size

bfReserved1

2

Unused

bfReserved2

2

Unused

bfOffBits

4

Offset to start pixel data

 

Image Header

BITMAP INFO HEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

biSize

4

Header size

biWidth

4

Image width

biHeight

4

Image height

biPlanes

2

Must be 1

biBitCount

2

Bits per pixels – 1,4,8,16,24 or 32

biCompression

4

Compression type BI_RGB=0, BI_RLE8=1,

BI_RLE4=2 or BI_BITFIELDS=3

biSizeImage

4

Image Size May be zero if not compressed

biXPelsPerMeter

4

Preferred resolution in pixels/meter

biYPelsPerMeter

4

Preferred resolution in pixels/meter

biClrUsed

4

Number of entries in the color map that are actually used

biClrImportant

4

Number of significant colors

 

BITMAP CORE HEADER

 

Field Name

Size in Bytes

Description

bcSize

4

Header size

bcWidth

2

Image width

bcHeight

2

Image height

bcPlanes

2

Must be 1

bcBitCount

2

Bits per pixels – 1,4,8 or 24

 

Color Palette

RGBQUAD STRUCTURE

 

Field Name

Size

Description

rgbBlue

1

Blue color value

rgbGreen

1

Red color value

rgbRed

1

Green color value

rgbReserved

1

Must be zero

 

RGBTRIPLE STRUCTURE

 

Field Name

Size

Description

rgbtBlue

1

Blue color value

rgbtGreen

1

Red color value

          gbtRed

1

Green color value

 

2.2 Definisi dan Jenis Grafik

Wikipedia.org:

Graphics are visual presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.


 

 

 

Teknik pembentukan grafik terbagi menjadi 2 bagian :

1.      Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah. Grafik raster terbentuk dari kumpulan titik piksel pada sebuah bidang, yang dapat dilihat pada kertas, monitor atau media display lainnya. http://en.wikipedia.org/wiki/Raster_graphics

2.      Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus. http://en.wikipedia.org/wiki/Vector_graphics

 

 

Bitmap (Raster) Vs Vektor

 

 

Bitmap

Vektor

Display speed

X

 

Image Quality

Memory Usage

X

 

X

                        Ease of Editting                                   X

                        Display Independence                       X


 

 

Pemodelan grafikal dibagi menjadi :

1.        Bitmapped graphics

a)     Gambar dimodelkan dari suatu kumplan (array) nilai-nilai piksel.

b)    Diperlukan penekanan untuk menentukan nilai-nilai yang disimpan (piksel logis) dan titik-titik pada layar tampilan (piksel fisik).

c)     Kondisi:

§  Korespondensi satu ke satu (logik = fisik)

§  Scaling (logical < physical)

§  Clipping (logical > physical)

d)    Scaling dan clipping adalah perhitungan komputasi yang diperlukan untuk menampilkan suatu gambar bitmap .

e)     Kebutuhan :menyimpan record setiap nilai piksel

f)     Editor untuk gambar bitmap/raster adalah Painter, Photoshop, MS Paint, and GIMP

g)    Proses edit dilakukan dengan mengedit setiap pikselnya sehingga lebih sulit pada saat pemilihan dan pengeditan (masking).

h)    Mudah dalam pengaplikasian special efek seperti (distortion, blur,…)

i)     Image editor bekerja dengan cara memanipulasi setiap piksel, kebanyakan editor gambar berbasis model warna RGB tetapi juga memungkinkan penggunaan model lain seperti model warna CMYK


2.   Vector graphics

a)    Gambar disimpan sebagai suatu deskripsi matematika yang merupakan suatu kumpulan garis-garis individu, kurva-kurva dan bentuk-bentuk sederhana yang membetuk gambar tersebut.

b)    Untuk menampilkan suatu gambar vektor diperlukan sejumlah komputasi untuk menginterprestasikan model dan menghasilkan arry peksel yang akan ditampilkan.

c)     Kebutuhan : lebih kompak (data yang disimpan lebih sedikit)

d)    Editor    pengolah    gambar    vektor    Xfig, CorelDRAW, Adobe    Illustrator, or Inkscape mengolah gambar verdasar garis-garis dan bentk-bentuk sederhana.

e)     Mudah dalam penseleksian, pengeditan dan retouching .

f)     Konversi ke bitmap format, untuk dilakukan penambahan special efek.

g)   Penskalaan dan perubahan ukuran mudah dilakukan dengan menggunakan operasi matematika sebelum nilai-nilai piksel dihitung/dikalkulasikan.

 


 

 

 

Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis:


·      motion dynamics → objek/background bergerak

·      update dynamics → obyek berubah bentuk, warna, dll.


 


 

Untuk merepresentasikan/memodelkan grafik ke dalam komputer dibutuhkan suatu

ilmu mengenai grafika komputer / pengolahan citra.


2.3 Aplikasi Sintesa Gambar/Citra

Image Recognation

 

Pelabelan

Melabelkan Gambar

Penyesuaian

Menyesuaikan Gambar

Pengelompokan

Mengelompokan Gambar

1

            Adalah salah satu aplikasi yang diterapkan pada pengolahan suatu gambar/grafik. Gambar berikut memperlihatkan bentuk langkah langkah untuk mengubah informasi ionic menjadi informasi recognition.

Gambar asal

Mengobservasi Gambar

Formatting


 

 

 

2

Penyesuaian

Gambar

dihasilkan

Mengambil Intisari Gambar

Pengambilan Intisari


 

1 = struktur data gambar digital 2 = struktur data logis

            Image recognition umumnya dilakukan pada gambar digital dengan representasi pixel matrix. Hanya informasi yang pas untuk sistem image recognation dimana intensitas cahaya dari pixel dan lokasi pixel tersebut yang terpengaruh pixel yang lain. Untuk informasi, sistem image recognation haruslah melakukan pemulihan informasi objek dari yang dikenal dan sudah dilakukan recognasi dan untuk gambar yang stereokopis, ke dalam ruang objek. Bagian untuk membentuk image recognation adalah sebagai berikut :

a)      Memformat Gambar

Memformat             gambar   berarti    melakukan   pengambilan           gambar                  dengan membawa gambar tersebut ke dalam format digital.

b)      Penyesuaian

Di dalam image pada umumnya bentuknya tidak terlihat bagus karena

gambar yang ditampilkan mengalami digitalisasi yang terkena noise, sehingga untuk itu diperlukan adanya filter pada gambar sehingga gambar tersebut menjadi lebih normal dan lebih terlihat jelas.

c)     Pelabelan

Informasi pada gambar mempunyai pola yang terstruktur. Pola yang digunakan pada umumnya terdiri dari beberapa urutan pixel. Jika dari susunan pixel tersebut memiliki sudut, setelah sudut tersebut diberikan label.

d)    Pengelompokan

Proses pelabelan menemukan objek yang primitive, yang biasa disebut dengan sudut. Proses pengelompokan dapat melakukan pemutaran sudut- sudut yang memiliki label yang sama sehingga gambar dapat disusun kembali menjadi gambar yang mulai terlihat jelas.

e)    Pengambilan Intisari Gambar

Pengelompokkan hanya melakukan penyimpanan/pengarsipan dari pixel- pixel yang memiliki label yang sama. Sedangkan pengambilan intisari melakukan pengambilan beberapa pixel yang mewakili dari kelompok- kelompok yang ada. Pengambilan intisari menguraikan perbedaan antar kelompok pixel pada gambar sumber.

f)     Penyesuaian

Proses yang terakhir adalah melakukan penyesuaian dimana sebuah pixel dalam gambar telah dilakukan pengelompokan ke dalam objek dan hubungan diantara objek yang berbeda telah ditentukan, ini meruapakan langkah terakhir dalam system recognation objek suatu gambar. Penyesuaian melakukan perbandingan pada masing-masing objek gambar dengan sebuah model yang telah disimpan sehingga dicari persamaan keduanya yang paling tepat.

 

2.4 Transmisi Gambar/Citra

Gambar digital ditransmisikan kepada penerima melalui jaringan komputer. Persyaratan jaringan untuk transmisi gambar :

a)     Jaringan dapat mengakomodasi transportasi data dengan ukuran besar

b)    Transmisigambar memerlukan transportasi yang reliable

c)     Tidak bersifat time dependent (berbeda dengan transmisi audio/video)

 

Ukuran gambar bergantung pada format representasi gambar yang dipergunakan untuk transmisi.Transmisi berdasar format representasi gambar :

1.      Raw image data transmission

·      Gambar di-generate melalui video digitizer dan ditransmisikan dalam format digital dari video digitizer.

·      Kapasitas transmisi = spatial resolution * pixel quantization Contoh :

Gambar dengan resolusi 640 x 480 pixel dengan pixel quantization 8 bit per pixel. Maka untuk transmisi diperlukan 307200 bytes pada jaringan komputer.

2.      Compressed image data transmission

·      Gambar di-generate oleh video digitizer dan dikompres terlebih dahulu sebelum ditransmisikan.

·      Penurunan ukuran gambar tergantung pada metode kompresi dan compression rate yang dipergunakan.

·      Contoh : JPEG, MPEG

3.      Symbolic image data transmission

·      Gambar di presentasikan melalui symbolic data representation sebagai image primitive (bentuk dasar 2D atau 3D), atribut, dan informasi kontrol lain.

·      Metode ini dipergunakan dalam computer graphics

2.5 Format File Gambar

1. Bitmap (.BMP)

·      Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.

·      Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.

·      File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.

·      File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dan lain-lain.

·      File BMP tidak bisa (sangat jarang) digunakan di web (internet) karena ukurannya yang besar.

 

2. Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)

·      Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini

·      Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.

·      File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto.

·     
File ini bisa digunakan di web (internet).

 

Graphics Interchange Format (.GIF)

·      Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).

·      Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-

gambar di web.

 

 

3. Portable Network Graphics (.PNG)

·       Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).

Sebenarnya masih banyak format file gambar lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), dan CDR (Corel Draw).

Sebenarnya masih banyak format file gambar lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), dan CDR (Corel Draw).

7:04 PM | 0 comments | Read More