2.1
Elemen
Gambar Dalam Multimedia
Gambar (image) merupakan
suatu representasi spatial
dari suatu obyek, dalam pandangan 2D maupun 3D.
Menurut
wikipedia.org: “image/picture is an artifact
that reproduces the likeness
of some subject—usually a physical object or
a person.”
Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca,
lensa, teleskop.
Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap
titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil
sampelnya pada interval
diskrit).
Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element
(pixel).
Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
·
1 bit → binary-valued image (0
- 1)
·
8 bits → gray level (0 - 255)
·
16 bits → high color (216)
·
24 bits → 224 true
color
·
32 bits → true color (232)
1 Bit
(Monocrom) 8
Bit (Gray)
16 bits (Hicolor) 24
bits (Truecolor)
Parameter dan
karakteristik Gambar
mewakili 0 .. 16.777.215
(mewakili 16 juta warna), dan ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000
bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits
Tabel resolusi display dan kebutuhan memory
Standard |
Resolusi |
Warna |
Kebutuhan memory/frame (bytes) |
VGA |
640 x 480 |
8 bit |
307.2 KB |
XGA |
640 x 480 |
16 bit |
614.4 KB |
|
1024
x 768 |
8 bit |
786.432 KB |
SVGA |
800 x 600 |
16 bit |
960 KB |
|
1024 x 768 |
8 bit |
786.432 KB |
|
1024
x 768 |
24 bit |
2359.296 KB |
Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah
array 2D dimana masing- masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut.
Array[x,y] = warna
pixel. Setiap pixel dapat mempunyai informasi
tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut.
Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang
gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.
Countinues tone 64
intensity 32 intensity
16 intensity 8
intensity 4 intensity
2 intensity 2 intensity (zoom)
Bitmap (BMP)
BMP adalah format gambar yang tidak dikompres
sehingga informasi yang tersimpan didalamnya terdiri
dari beberapa bagian dan mudah untuk diolah.
File Header
BITMAPFILEHEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
bfType |
2 |
Contains the character “BM” that identify the file type |
bfSize |
4 |
File size |
bfReserved1 |
2 |
Unused |
bfReserved2 |
2 |
Unused |
bfOffBits |
4 |
Offset to start pixel
data |
Image Header
BITMAP INFO HEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
biSize |
4 |
Header size |
biWidth |
4 |
Image
width |
biHeight |
4 |
Image
height |
biPlanes |
2 |
Must be 1 |
biBitCount |
2 |
Bits per pixels – 1,4,8,16,24 or 32 |
biCompression |
4 |
Compression type
– BI_RGB=0, BI_RLE8=1, BI_RLE4=2 or BI_BITFIELDS=3 |
biSizeImage |
4 |
Image Size
– May be zero if not compressed |
biXPelsPerMeter |
4 |
Preferred resolution in pixels/meter |
biYPelsPerMeter |
4 |
Preferred resolution in pixels/meter |
biClrUsed |
4 |
Number of entries in the color map that are actually used |
biClrImportant |
4 |
Number of significant colors |
BITMAP CORE HEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
bcSize |
4 |
Header size |
bcWidth |
2 |
Image width |
bcHeight |
2 |
Image
height |
bcPlanes |
2 |
Must be 1 |
bcBitCount |
2 |
Bits per pixels – 1,4,8
or 24 |
Color Palette
RGBQUAD STRUCTURE
Field Name |
Size |
Description |
rgbBlue |
1 |
Blue color value |
rgbGreen |
1 |
Red
color value |
rgbRed |
1 |
Green
color value |
rgbReserved |
1 |
Must be zero |
RGBTRIPLE STRUCTURE
Field Name |
Size |
Description |
rgbtBlue |
1 |
Blue
color value |
rgbtGreen |
1 |
Red
color value |
gbtRed |
1 |
Green
color value |
2.2 Definisi dan Jenis
Grafik
Wikipedia.org:
Graphics are visual
presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.
Teknik pembentukan grafik
terbagi menjadi 2 bagian
:
1.
Raster: dimana
setiap pixel didefinisikan secara terpisah. Grafik
raster terbentuk dari kumpulan titik piksel pada sebuah bidang, yang dapat dilihat pada kertas, monitor atau media display
lainnya. http://en.wikipedia.org/wiki/Raster_graphics
2.
Vector: dimana
formula matematika digunakan untuk menggambar graphics
primitives (garis, kotak,
lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya
berukuran lebih kecil,
gambar tidak pecah,
semua manipulasi dilakukan melalui rumus. http://en.wikipedia.org/wiki/Vector_graphics
Bitmap (Raster) Vs Vektor |
|
|
|
Bitmap |
Vektor |
Display speed |
X |
|
Image Quality Memory Usage |
X |
X |
Ease of Editting X
Display Independence X
Pemodelan grafikal dibagi
menjadi :
1.
Bitmapped graphics
a)
Gambar dimodelkan dari suatu
kumplan (array) nilai-nilai piksel.
b) Diperlukan penekanan
untuk menentukan nilai-nilai yang disimpan (piksel logis) dan titik-titik pada layar tampilan (piksel
fisik).
c)
Kondisi:
§ Korespondensi satu
ke satu (logik = fisik)
§ Scaling (logical < physical)
§ Clipping (logical > physical)
d) Scaling dan clipping
adalah perhitungan komputasi yang diperlukan untuk menampilkan suatu gambar bitmap .
e)
Kebutuhan :menyimpan record setiap nilai piksel
f) Editor untuk gambar bitmap/raster adalah Painter, Photoshop, MS Paint, and GIMP
g) Proses edit dilakukan dengan
mengedit setiap pikselnya sehingga lebih sulit
pada saat pemilihan
dan pengeditan (masking).
h)
Mudah dalam pengaplikasian special efek seperti
(distortion, blur,…)
i)
Image editor bekerja dengan cara memanipulasi setiap piksel, kebanyakan editor gambar berbasis
model warna RGB tetapi juga memungkinkan penggunaan model lain seperti model warna CMYK
2. Vector graphics
a)
Gambar disimpan sebagai suatu deskripsi matematika yang
merupakan suatu kumpulan garis-garis individu, kurva-kurva dan bentuk-bentuk sederhana
yang membetuk gambar tersebut.
b)
Untuk menampilkan suatu gambar vektor diperlukan sejumlah
komputasi untuk
menginterprestasikan model dan menghasilkan arry peksel yang akan ditampilkan.
c) Kebutuhan : lebih kompak (data yang disimpan
lebih sedikit)
d)
Editor
pengolah gambar vektor
Xfig, CorelDRAW, Adobe
Illustrator, or Inkscape mengolah
gambar verdasar garis-garis dan bentk-bentuk sederhana.
e) Mudah dalam penseleksian, pengeditan dan retouching .
f) Konversi ke bitmap
format, untuk dilakukan penambahan special efek.
g)
Penskalaan dan perubahan ukuran mudah dilakukan dengan
menggunakan operasi matematika sebelum nilai-nilai piksel
dihitung/dikalkulasikan.
Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut
dapat dimanipulasi secara
dinamis:
·
motion dynamics → objek/background bergerak
·
update dynamics → obyek berubah bentuk,
warna, dll.
Untuk merepresentasikan/memodelkan grafik ke dalam komputer dibutuhkan
suatu
ilmu mengenai grafika komputer
/ pengolahan citra.
2.3 Aplikasi Sintesa
Gambar/Citra
Image Recognation
Pelabelan Melabelkan Gambar Penyesuaian Menyesuaikan Gambar Pengelompokan Mengelompokan Gambar 1
Gambar asal Mengobservasi Gambar Formatting
2 Penyesuaian Gambar dihasilkan Mengambil Intisari
Gambar Pengambilan Intisari
Image recognition umumnya dilakukan pada gambar digital
dengan representasi pixel matrix. Hanya informasi yang pas untuk sistem image recognation dimana intensitas
cahaya dari pixel dan lokasi
pixel tersebut yang terpengaruh pixel yang lain. Untuk informasi, sistem image recognation haruslah melakukan pemulihan
informasi objek dari yang dikenal dan sudah dilakukan recognasi dan
untuk gambar yang stereokopis, ke dalam ruang objek. Bagian untuk membentuk image recognation adalah sebagai berikut :
a)
Memformat Gambar
Memformat gambar berarti melakukan pengambilan gambar dengan membawa gambar tersebut ke dalam format digital.
b)
Penyesuaian
Di dalam image pada umumnya
bentuknya tidak terlihat
bagus karena
gambar yang ditampilkan
mengalami digitalisasi yang terkena noise, sehingga untuk itu diperlukan adanya filter
pada gambar sehingga gambar tersebut menjadi lebih
normal dan lebih terlihat jelas.
c)
Pelabelan
Informasi pada gambar mempunyai
pola yang terstruktur. Pola yang digunakan
pada umumnya terdiri
dari beberapa urutan pixel. Jika dari susunan pixel tersebut memiliki sudut,
setelah sudut tersebut
diberikan label.
d)
Pengelompokan
Proses pelabelan menemukan objek yang primitive, yang biasa disebut
dengan sudut. Proses
pengelompokan dapat melakukan
pemutaran sudut- sudut yang
memiliki label yang sama sehingga gambar dapat disusun kembali menjadi
gambar yang mulai terlihat jelas.
e)
Pengambilan Intisari Gambar
Pengelompokkan hanya melakukan penyimpanan/pengarsipan dari pixel- pixel yang memiliki
label yang sama. Sedangkan pengambilan intisari melakukan pengambilan beberapa pixel yang mewakili dari kelompok- kelompok
yang ada. Pengambilan intisari menguraikan perbedaan
antar kelompok pixel
pada gambar sumber.
f) Penyesuaian
Proses yang terakhir adalah melakukan penyesuaian dimana sebuah pixel dalam
gambar telah dilakukan pengelompokan ke dalam objek dan hubungan diantara
objek yang berbeda
telah ditentukan, ini meruapakan langkah
terakhir dalam system recognation objek suatu gambar.
Penyesuaian melakukan
perbandingan pada masing-masing objek gambar dengan sebuah model yang telah disimpan sehingga dicari persamaan
keduanya yang paling tepat.
2.4 Transmisi Gambar/Citra
Gambar digital ditransmisikan kepada penerima melalui
jaringan komputer. Persyaratan jaringan untuk transmisi gambar :
a) Jaringan dapat mengakomodasi transportasi data dengan
ukuran besar
b) Transmisigambar memerlukan transportasi yang reliable
c) Tidak bersifat time dependent (berbeda
dengan transmisi audio/video)
Ukuran gambar
bergantung pada format representasi gambar yang dipergunakan untuk transmisi.Transmisi berdasar
format representasi gambar
:
1.
Raw image data transmission
· Gambar di-generate melalui video digitizer
dan ditransmisikan dalam format digital dari video digitizer.
· Kapasitas transmisi =
spatial resolution * pixel quantization Contoh :
Gambar dengan resolusi 640 x 480
pixel dengan pixel quantization 8 bit per pixel. Maka untuk transmisi
diperlukan 307200 bytes pada jaringan
komputer.
2.
Compressed image data transmission
· Gambar di-generate
oleh video digitizer dan dikompres terlebih dahulu sebelum ditransmisikan.
· Penurunan ukuran
gambar tergantung pada metode kompresi dan compression rate yang dipergunakan.
·
Contoh : JPEG, MPEG
3.
Symbolic image data transmission
· Gambar di
presentasikan melalui symbolic data representation sebagai image primitive (bentuk dasar 2D atau
3D), atribut, dan informasi kontrol lain.
·
Metode ini dipergunakan dalam computer graphics
2.5 Format File
Gambar
1. Bitmap (.BMP)
·
Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.
·
Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai
ukuran Megabytes.
· File ini merupakan
format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya
terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur
menjadi satu.
· File BMP dapat dibuka
dengan berbagai macam software pembuka gambar
seperti ACDSee, Paint, IrvanView
dan lain-lain.
· File BMP tidak bisa (sangat jarang)
digunakan di web (internet) karena ukurannya
yang besar.
2. Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
·
Format JPG merupakan format yang paling terkenal
sekarang ini
· Hal ini karena sifatnya yang berukuran
kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
·
File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk
menyimpan file foto.
·
File ini bisa digunakan di web (internet).
Graphics Interchange Format (.GIF)
· Format GIF ini berukuran
kecil dan mendukung
gambar yang terdiri
dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai
gambar animasi (gambar
bergerak).
·
Format ini sering sekali digunakan di internet untuk
menampilkan gambar-
gambar di web.
3. Portable Network Graphics
(.PNG)
· Format yang standar
dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas
yang bagus. Namun tidak mendukung
animasi (gambar bergerak).
2.1
Elemen
Gambar Dalam Multimedia
Gambar (image) merupakan
suatu representasi spatial
dari suatu obyek, dalam pandangan 2D maupun 3D.
Menurut
wikipedia.org: “image/picture is an artifact
that reproduces the likeness
of some subject—usually a physical object or
a person.”
Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca,
lensa, teleskop.
Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap
titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil
sampelnya pada interval
diskrit).
Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element
(pixel).
Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
·
1 bit → binary-valued image (0
- 1)
·
8 bits → gray level (0 - 255)
·
16 bits → high color (216)
·
24 bits → 224 true
color
·
32 bits → true color (232)
1 Bit
(Monocrom) 8
Bit (Gray)
16 bits (Hicolor) 24
bits (Truecolor)
Parameter dan
karakteristik Gambar
mewakili 0 .. 16.777.215
(mewakili 16 juta warna), dan ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000
bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits
Tabel resolusi display dan kebutuhan memory
Standard |
Resolusi |
Warna |
Kebutuhan memory/frame (bytes) |
VGA |
640 x 480 |
8 bit |
307.2 KB |
XGA |
640 x 480 |
16 bit |
614.4 KB |
|
1024
x 768 |
8 bit |
786.432 KB |
SVGA |
800 x 600 |
16 bit |
960 KB |
|
1024 x 768 |
8 bit |
786.432 KB |
|
1024
x 768 |
24 bit |
2359.296 KB |
Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah
array 2D dimana masing- masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut.
Array[x,y] = warna
pixel. Setiap pixel dapat mempunyai informasi
tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut.
Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang
gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.
Countinues tone 64
intensity 32 intensity
16 intensity 8
intensity 4 intensity
2 intensity 2 intensity (zoom)
Bitmap (BMP)
BMP adalah format gambar yang tidak dikompres
sehingga informasi yang tersimpan didalamnya terdiri
dari beberapa bagian dan mudah untuk diolah.
File Header
BITMAPFILEHEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
bfType |
2 |
Contains the character “BM” that identify the file type |
bfSize |
4 |
File size |
bfReserved1 |
2 |
Unused |
bfReserved2 |
2 |
Unused |
bfOffBits |
4 |
Offset to start pixel
data |
Image Header
BITMAP INFO HEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
biSize |
4 |
Header size |
biWidth |
4 |
Image
width |
biHeight |
4 |
Image
height |
biPlanes |
2 |
Must be 1 |
biBitCount |
2 |
Bits per pixels – 1,4,8,16,24 or 32 |
biCompression |
4 |
Compression type
– BI_RGB=0, BI_RLE8=1, BI_RLE4=2 or BI_BITFIELDS=3 |
biSizeImage |
4 |
Image Size
– May be zero if not compressed |
biXPelsPerMeter |
4 |
Preferred resolution in pixels/meter |
biYPelsPerMeter |
4 |
Preferred resolution in pixels/meter |
biClrUsed |
4 |
Number of entries in the color map that are actually used |
biClrImportant |
4 |
Number of significant colors |
BITMAP CORE HEADER
Field Name |
Size in Bytes |
Description |
bcSize |
4 |
Header size |
bcWidth |
2 |
Image width |
bcHeight |
2 |
Image
height |
bcPlanes |
2 |
Must be 1 |
bcBitCount |
2 |
Bits per pixels – 1,4,8
or 24 |
Color Palette
RGBQUAD STRUCTURE
Field Name |
Size |
Description |
rgbBlue |
1 |
Blue color value |
rgbGreen |
1 |
Red
color value |
rgbRed |
1 |
Green
color value |
rgbReserved |
1 |
Must be zero |
RGBTRIPLE STRUCTURE
Field Name |
Size |
Description |
rgbtBlue |
1 |
Blue
color value |
rgbtGreen |
1 |
Red
color value |
gbtRed |
1 |
Green
color value |
2.2 Definisi dan Jenis
Grafik
Wikipedia.org:
Graphics are visual
presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.
Teknik pembentukan grafik
terbagi menjadi 2 bagian
:
1.
Raster: dimana
setiap pixel didefinisikan secara terpisah. Grafik
raster terbentuk dari kumpulan titik piksel pada sebuah bidang, yang dapat dilihat pada kertas, monitor atau media display
lainnya. http://en.wikipedia.org/wiki/Raster_graphics
2.
Vector: dimana
formula matematika digunakan untuk menggambar graphics
primitives (garis, kotak,
lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya
berukuran lebih kecil,
gambar tidak pecah,
semua manipulasi dilakukan melalui rumus. http://en.wikipedia.org/wiki/Vector_graphics
Bitmap (Raster) Vs Vektor |
|
|
|
Bitmap |
Vektor |
Display speed |
X |
|
Image Quality Memory Usage |
X |
X |
Ease of Editting X
Display Independence X
Pemodelan grafikal dibagi
menjadi :
1.
Bitmapped graphics
a)
Gambar dimodelkan dari suatu
kumplan (array) nilai-nilai piksel.
b) Diperlukan penekanan
untuk menentukan nilai-nilai yang disimpan (piksel logis) dan titik-titik pada layar tampilan (piksel
fisik).
c)
Kondisi:
§ Korespondensi satu
ke satu (logik = fisik)
§ Scaling (logical < physical)
§ Clipping (logical > physical)
d) Scaling dan clipping
adalah perhitungan komputasi yang diperlukan untuk menampilkan suatu gambar bitmap .
e)
Kebutuhan :menyimpan record setiap nilai piksel
f) Editor untuk gambar bitmap/raster adalah Painter, Photoshop, MS Paint, and GIMP
g) Proses edit dilakukan dengan
mengedit setiap pikselnya sehingga lebih sulit
pada saat pemilihan
dan pengeditan (masking).
h)
Mudah dalam pengaplikasian special efek seperti
(distortion, blur,…)
i)
Image editor bekerja dengan cara memanipulasi setiap piksel, kebanyakan editor gambar berbasis
model warna RGB tetapi juga memungkinkan penggunaan model lain seperti model warna CMYK
2. Vector graphics
a)
Gambar disimpan sebagai suatu deskripsi matematika yang
merupakan suatu kumpulan garis-garis individu, kurva-kurva dan bentuk-bentuk sederhana
yang membetuk gambar tersebut.
b)
Untuk menampilkan suatu gambar vektor diperlukan sejumlah
komputasi untuk
menginterprestasikan model dan menghasilkan arry peksel yang akan ditampilkan.
c) Kebutuhan : lebih kompak (data yang disimpan
lebih sedikit)
d)
Editor
pengolah gambar vektor
Xfig, CorelDRAW, Adobe
Illustrator, or Inkscape mengolah
gambar verdasar garis-garis dan bentk-bentuk sederhana.
e) Mudah dalam penseleksian, pengeditan dan retouching .
f) Konversi ke bitmap
format, untuk dilakukan penambahan special efek.
g)
Penskalaan dan perubahan ukuran mudah dilakukan dengan
menggunakan operasi matematika sebelum nilai-nilai piksel
dihitung/dikalkulasikan.
Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut
dapat dimanipulasi secara
dinamis:
·
motion dynamics → objek/background bergerak
·
update dynamics → obyek berubah bentuk,
warna, dll.
Untuk merepresentasikan/memodelkan grafik ke dalam komputer dibutuhkan
suatu
ilmu mengenai grafika komputer
/ pengolahan citra.
2.3 Aplikasi Sintesa
Gambar/Citra
Image Recognation
Pelabelan |
Melabelkan Gambar |
Penyesuaian |
Menyesuaikan Gambar |
Pengelompokan |
Mengelompokan Gambar |
1 |
Gambar asal |
Mengobservasi Gambar |
Formatting |
2 |
Penyesuaian |
Gambar dihasilkan |
Mengambil Intisari
Gambar |
Pengambilan Intisari |
Image recognition umumnya dilakukan pada gambar digital
dengan representasi pixel matrix. Hanya informasi yang pas untuk sistem image recognation dimana intensitas
cahaya dari pixel dan lokasi
pixel tersebut yang terpengaruh pixel yang lain. Untuk informasi, sistem image recognation haruslah melakukan pemulihan
informasi objek dari yang dikenal dan sudah dilakukan recognasi dan
untuk gambar yang stereokopis, ke dalam ruang objek. Bagian untuk membentuk image recognation adalah sebagai berikut :
a)
Memformat Gambar
Memformat gambar berarti melakukan pengambilan gambar dengan membawa gambar tersebut ke dalam format digital.
b)
Penyesuaian
Di dalam image pada umumnya
bentuknya tidak terlihat
bagus karena
gambar yang ditampilkan
mengalami digitalisasi yang terkena noise, sehingga untuk itu diperlukan adanya filter
pada gambar sehingga gambar tersebut menjadi lebih
normal dan lebih terlihat jelas.
c)
Pelabelan
Informasi pada gambar mempunyai
pola yang terstruktur. Pola yang digunakan
pada umumnya terdiri
dari beberapa urutan pixel. Jika dari susunan pixel tersebut memiliki sudut,
setelah sudut tersebut
diberikan label.
d)
Pengelompokan
Proses pelabelan menemukan objek yang primitive, yang biasa disebut
dengan sudut. Proses
pengelompokan dapat melakukan
pemutaran sudut- sudut yang
memiliki label yang sama sehingga gambar dapat disusun kembali menjadi
gambar yang mulai terlihat jelas.
e)
Pengambilan Intisari Gambar
Pengelompokkan hanya melakukan penyimpanan/pengarsipan dari pixel- pixel yang memiliki
label yang sama. Sedangkan pengambilan intisari melakukan pengambilan beberapa pixel yang mewakili dari kelompok- kelompok
yang ada. Pengambilan intisari menguraikan perbedaan
antar kelompok pixel
pada gambar sumber.
f) Penyesuaian
Proses yang terakhir adalah melakukan penyesuaian dimana sebuah pixel dalam
gambar telah dilakukan pengelompokan ke dalam objek dan hubungan diantara
objek yang berbeda
telah ditentukan, ini meruapakan langkah
terakhir dalam system recognation objek suatu gambar.
Penyesuaian melakukan
perbandingan pada masing-masing objek gambar dengan sebuah model yang telah disimpan sehingga dicari persamaan
keduanya yang paling tepat.
2.4 Transmisi Gambar/Citra
Gambar digital ditransmisikan kepada penerima melalui
jaringan komputer. Persyaratan jaringan untuk transmisi gambar :
a) Jaringan dapat mengakomodasi transportasi data dengan
ukuran besar
b) Transmisigambar memerlukan transportasi yang reliable
c) Tidak bersifat time dependent (berbeda
dengan transmisi audio/video)
Ukuran gambar
bergantung pada format representasi gambar yang dipergunakan untuk transmisi.Transmisi berdasar
format representasi gambar
:
1.
Raw image data transmission
· Gambar di-generate melalui video digitizer
dan ditransmisikan dalam format digital dari video digitizer.
· Kapasitas transmisi =
spatial resolution * pixel quantization Contoh :
Gambar dengan resolusi 640 x 480
pixel dengan pixel quantization 8 bit per pixel. Maka untuk transmisi
diperlukan 307200 bytes pada jaringan
komputer.
2.
Compressed image data transmission
· Gambar di-generate
oleh video digitizer dan dikompres terlebih dahulu sebelum ditransmisikan.
· Penurunan ukuran
gambar tergantung pada metode kompresi dan compression rate yang dipergunakan.
·
Contoh : JPEG, MPEG
3.
Symbolic image data transmission
· Gambar di
presentasikan melalui symbolic data representation sebagai image primitive (bentuk dasar 2D atau
3D), atribut, dan informasi kontrol lain.
·
Metode ini dipergunakan dalam computer graphics
2.5 Format File
Gambar
1. Bitmap (.BMP)
·
Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.
·
Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai
ukuran Megabytes.
· File ini merupakan
format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya
terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur
menjadi satu.
· File BMP dapat dibuka
dengan berbagai macam software pembuka gambar
seperti ACDSee, Paint, IrvanView
dan lain-lain.
· File BMP tidak bisa (sangat jarang)
digunakan di web (internet) karena ukurannya
yang besar.
2. Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
·
Format JPG merupakan format yang paling terkenal
sekarang ini
· Hal ini karena sifatnya yang berukuran
kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
·
File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk
menyimpan file foto.
·
File ini bisa digunakan di web (internet).
Graphics Interchange Format (.GIF)
· Format GIF ini berukuran
kecil dan mendukung
gambar yang terdiri
dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai
gambar animasi (gambar
bergerak).
·
Format ini sering sekali digunakan di internet untuk
menampilkan gambar-
gambar di web.
3. Portable Network Graphics
(.PNG)
· Format yang standar
dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas
yang bagus. Namun tidak mendukung
animasi (gambar bergerak).
Sebenarnya masih banyak format
file gambar lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation),
CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD
(Adobe Photoshop Document), dan CDR (Corel Draw).
Sebenarnya masih banyak format
file gambar lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation),
CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD
(Adobe Photoshop Document), dan CDR (Corel Draw).